Saturday, April 18, 2015

TOEFL(R) ITP

TOEFL(R) ITP merupakan suatu tes bahasa Inggris internasional, yang dipatenkan oleh lembaga ETS. Jadi, kalau mau coba TOEFL yang sebenarnya, kita harus tes TOEFL di lembaga bahasa yang mewakili atau mendapatkan lisensi penyelenggaraan TOEFL. Di Jakarta, ETS diwakilkan oleh beberapa lembaga bahasa, seperti misalnya AMINEF di Kuningan dan LBI Fakultas Ilmu Budaya dan Bahasa Universitas Indonesia (LBI FIB UI), yang ada di kedua kampus yaitu di Salemba dan juga di Depok.Oh iya, untuk LBPP LIA ternyata tidak mewakili ETS, jadi disana tidak ada TOEFL, hanya diganti dengan tes yang setara, namanya EPT (English Proficiency Test). Tapi, kebanyakan ujian saringan masuk kuliah, kerja, atau beasiswa mintanya TOEFL sih, dan tidak mau diganti EPT.

Singkat cerita, saya ini adalah pengangguran, yang sedang menunggu pemberangkatan program internsip dokter Indonesia (yes, without H) --yang belum jelas tanggal pemberangkatannya. Dari awal masa pengangguran saya sudah berniat ikut TOEFL dalam rangka mencoba-coba. Dari jaman SMA dulu, saya belum pernah sekalipun ikut TOEFL yang resmi dan berlisensi dari ETS. Waktu SMA dulu memang setiap tahun ikut tes semacam TOEFL yang tidak resmi di sekolah. Tidak perlu sebut lembaganya ya. :D

Sebetulnya, niatnya di awal, saya ingin menyelesaikan buku 400 Must Have Words for TOEFL keluaran McGraw-Hill dan buku TOEFL lokal (lupa penerbitnya apa). Tapi apadaya, kemalasan melanda. Jadi saya baru membaca sekitar 1/8 buku McGraw Hill dan 1/4 buku lokal tersebut. Belajar alakadarnya saja dan seadanya saja (dasarnya pemalas sih. T.T)

Saya mendaftar ujian TOEFL di LBI FIB UI. Jadi LBI UI ini ada 2 lokasi, di kampus Salemba dan kampus Depok. Jadwalnya berbeda. Untuk daftar dan lihat-lihat jadwal ujian bisa lihat di sini. Biaya testnya 29,5 USD. Untuk memastikan ketersediaan tempat ujian nya, lebih baik telpon dulu. Calon peserta tidak perlu harus datang langsung ke LBI UI untuk mendaftar dan membayar biaya tes. Semua bisa dilakukan via telepon dan internet. :D

Saya ikut tes yang tanggal 24 April 2014, di LBI FIB UI Salemba. Sebelum mulai, ada yang bawa-bawa buku TOEFL import nan tebal yang terlihat "wow". Sementara saya, cuma belajar dengan 2 buku, itupun belum selesai dibaca. Hahaha. Tapi gapapa. Namanya juga penasaran, ingin tahu seberapa kemampuan saya. Misalnya TOEFL saya masih dibawah 500, tinggal belajar lagi kan~ pikir saya waktu itu.

Tes mulai jam 09.00 dan selesai jam 11.00. Urutan tes adalah sebagai berikut: Listening Comprehension, Structure & Written Expression, dan terakhir Reading Comprehension. Listening oke, Reading oke, cuma saya agak amburadul dan kehabisan waktu ketika mengerjakan bagian Structure. Hahaha. Hal itu pun kemudian terlihat dari skor TOEFL yang saya dapatkan.

Skor untuk listening berkisar 31-68,  structure sekitar 31-68, dan reading sekitar 31-67. Skor total TOEFL minimal adalah 310, dan maksimal adalah 677. Saya? Berada di level tengah. Cukup lah buat bekal syarat PPDS UI *pede banget*. Tapi ya.. tetap masih perlu belajar lagi.
Goodluck buat yang mau test TOEFL. Semoga sukses :).


Ya ini nih hasilnya saya tes TOEFL, biar ga dikatain no pic=hoax



No comments:

Post a Comment